Macam - Macam Genre Game

Halo Pengunjung. Kali ini TS akan menerangkan apa itu "Genre Game". Tiap - tiap game memiliki genre yang berbeda. Perbedaan itu yang membuat game lebih berwarna. Ada sekitar 10 Genre Game yang akan TS sebutkan. Berikut ini adalah daftar dari Genre Game


  • Role-Playing Game (RPG)
Role-Playing Game adalah sebuah game dimana pemain memainkan suatu karakter yang ada di dalam game itu. Biasanya didalam game RPG terdapat unsur seperti Exp (Experience) yang digunakan untuk perkembangan karakter yang kita mainkan sehingga membuat karakter kita naik Level & semakin kuat. Unsur cerita di Game RPG juga sangat kental. Beberapa game juga membuat ending yang berbeda sesuai apa yang kita lakukan dalam game. Sistem Equipment adalah sistem yang paling sering digunakan dalam Game RPG. Dalam Sistem Equipment, kita diberi pilihan untuk menggunakan perlengkapan yang kita dapat dalam game untuk memperkuat karakter yang kita mainkan. Selain Itu, Peta dalam Game RPG (biasanya) sangat luas. Game RPG di bagi menjadi 2 genre yaitu Action RPG dan Turn-Based RPG. Perbedaan kedua game RPG tersebut terletak pada sistem Battle atau pertarunganya. Pada Action RPG pemain diberi kebebasan dalam mengendalikan karakter & pertarungan yang Real Time ( Tidak menunggu untuk saling serang). Untuk Turn-Based RPG, Sistem pertarungannya lebih condong ke arah strategi. Dimana pemain harus memperikan perintah Attack, Magic, Skill , Item, & musuh yang diserang dalam setiap pertarungan. Dalam Sistem Turn-Based RPG, kita dituntut untuk mengatur strategi pertarungan kita agar kita dapat setiap memenangkan pertarungan & mendapat Experience Point.

   Contoh Game Action RPG

Elder Scroll V : Skyrim
   Contoh Game Turn-Based RPG
Final Fantasy VII
  • Strategi Game
Strategi Game adalah game di mana kita menjalankan berbagai unit-unit dalam permainan untuk memenangkan permainan tersebut. Dalam Gameplay Game Strategi biasanya kita mengatur unit  untuk bertahan, menahan, atau mungkin mengalahkan musuh yang ada di game tersebut. Disini kita harus membangun pertahanan, bangunan, dan pasukan dengan biaya yang dapat didapatkan dari sumber - sumber yang ada di dalam map pertempuran. Game Strategi di bagi menjadi 2 genre yaitu Real-Time Strategy(RTS) dan Turn-Based Strategy(TBS). Di Real-Time Strategy kita mengendalikan unit yang kita mainkan secara langsung tanpa menunggu giliran. Jadi kita dituntut untuk berpikir cepat & akurat untuk mengatur strategi agar kita dapat memenangkan setiap pertarungan. Di Turn-Based Strategy, Gameplaynya seperti catur. Jadi kita bisa memikirkan strategi untuk memenangkan pertempuran. Namun kita tak boleh mendahului musuh.
   Contoh Game RTS
Stronghold Crusader
   Contoh Game TBS
Final Fantasy Tactic
  • Game Shooter
Game Shooter adalah game baku tembak yang lumayan terkenal di Indonesia saat ini. Unsur penting dalam Game Shooter adalah senjata, musuh, & map. Game Shooter dibagi menjadi 4, yaitu Shoot'em All Up, Side-Scrolling Shooter, First-Person Shooter, & Third-Person Shooter. Shoot'em All Up adalah Game Shooter dimana pemain diharuskan untuk membantai semua musuh yang ada dilayar. Game Side-Scrolling Shooter adalah Game Shooter dimana pemain menembaki musuh dengan pergerakan ke kiri & ke kanan. First-Person Shooter adalah Game Shooter dimana pemain mengambil sudut pandang pertama. Third-Person Shooter adalah Game Shooter dimana pemain mengambil sudut pandang ketiga. Setiap Game Shooter menuntut pemain agar dapat menyelesaikan misi dengan cepat & mengharuskan pemain mengatur strategi agar dapat memenangkan pertempuran.
     Contoh Game Shoot'em All Up
Space Invader
     Contoh Game Side-Scrolling Shooter
Metroid
     Contoh Game First-Person Shooter
Crysis
     Contoh Game Third-Person Shooter
GTA : San Andreas
  • Game Adventure
Game Adventure adalah Game yang sering dijumpai di pasaran. Hampir semua Game memiliki unsur Game Adventure walaupun beberapa tidak tampak menonjol. Game ini memiliki 1 tokoh utama yang kita mainkan secara langsung dali awal sampai game berakhir.
     Contoh Game Adventure
The Adventure of Tintin The game
  • Game Racing
Game Racing adalah jenis Game yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Game Racing sudah berarti game tentang balapan. Tema yang biasa diambil pada Game Racing adalah balapan jalanan atau balapan resmi. Dibeberapa Game Racing, kita dapat memodifikasi mobil kita agar lebih menarik & melau lebih kencang.
   Contoh Game Racing
MTX Mototrax Motorcross
  • Game Simulation
Game Simulation adalah jenis game yang biasanya diambil dari hal - hal yang ada di dunia nyata. Game ini biasanya digunakan untuk latihan dimana kita tak mampu menggunakan benda yang asli. Game Simulation dibuat serealistis mungkin dari sifat kendali dan masalah yang mungkin dihadapi di kenyataanya.Game ini lumayan rumit jika kau tak tahu dasarnya karena dibuat berdasarkan objek asli yang disimulasikan. Namun, jika sudah menguasai game ini maka kamu akan tahu cara kerja objek yang sebenarnya secara garis besar.
     Contoh Game Simulation
Euro Truck Simulator 2
  • Game Tycoon
Game Tycoon adalah Game strategi dimana pemain dituntut untuk menjalankan bisnis dengan menjual barang atau jasa agar laku di pasaran. Tantangan utama pada Game Tycoon adalah bagaimana cara kita mengolah modal kita untuk membangun sesuatu agar dapat memperoleh keuntungan.
     Contoh Game Tycoon
Lemonade Tycoon
  • Game Fighting
Game Fighting adalah game dimana pemain diperbolehkan memilih karakter yang digunakan untuk melawan karakter yang lainya. Tujuan dari game ini adalah mengalahkan musuh dengan gaya bertarung masing - masing karakter beserta jurusnya. Beberapa game memperbolehkan pemain untuk membuat karakter sendiri. Biasanya pertarungan dilakukan 1 vs 1 di tempat sempit.
     Contoh Game Fighting
Tekken 6
  • Game Sport

Game Sport adalah game yang dibuat berdasarkan olahraga yang ada didunia nyata. Dari wasit, pemain, stadio, hingga strategi dibuat serealistis mungkin. Biasanya tokoh di Game Sport dibuat berdasarkan karakter nyata. Namun, ada juga yang dibuat dari kreasi pembuat. Sistem permainan setiap Game juga berbeda tergantung jenis olahraga & yang membuatnya.
     Contoh Game Sport

PES 2015
  • Game Arcade
Game Arcade nampaknya adalah induk dari semua game. Dilihat dari permainannya yang biasanya tanpa ujung & hanya mengejar nilai yang tinggi. Unsur cerita tidak diperhatikan disini, walaupun saat ini sudah didandani ulang meskipun system & tujuannya masih sama seperti versi aslinya. Game ini lebih bertujuan untuk menghibur diwaktu senggang, walaupun tujuan game memang untuk menghibur.Gameplaynya juga sangat sederhana.
     Contoh Game Arcade
Tetris

Walaupun yang pasti genre game lebih dari yang saya sebutkan, karena jaman yang terus berubah. Juga beberapa game menggunakan dua atau lebih genre dalam satu game. Itulah yang dapat saya bagikan. Sampai jumpa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam - Macam Genre Game"

Posting Komentar